Jumat, 29 April 2011

Tentang Penjaga Kata-Kata

Maksudnya ...
Adalah pekerjaan saya yang tak lain dan tak bukan bertugas menjaga kata-kata, hingga yang sekecil-kecilnya yaitu huruf dan tanda baca agar tepat di tempatnya, tidak kurang tidak lebih. Efektif dan efisien. Enak dibaca dan mudah dimengerti. Bahkan pekerjaan ini pun menuntut saya turut menentukan apakah font yang cocok untuk buku ini atau buku itu, cover yang keren, hingga tampilan keseluruhan.
Berkutat dengan huruf-huruf, kertas-kertas, layar monitor, rasanya bisa bermacam-macam. Semua pekerjaan memang begitu, ya? Ini yang saya rasakan saat bekerja:
Bosaaaan ...
Kadang-kadang (sst ... kalau bilang sering bisa-bisa aku dibebastugaskan! Wahaha ...), apalagi jika tema naskah sangat tidak menarik minat saya, secara saya sebenarnya menyukai hampir semua genre buku. (O ya? ;) ).
Menyenangkaaaaannn ... saat menemukan naskah yang banyak ilmu atau kocak (novel remaja), tragis yang bikin ati teriris-iris, atau romantis yang bikin ati berdesir dan jatuh cinta pada tokohnya (Walla ...!)
Lebih menyenangkan dan bangga ... saat mengedit tulisan penulis terkenal (memang ada penulis enggak dikenal? Yang bener aja!), penulis idola, juga penulis lain yang akhirnya menambah jumlah teman di FB! (alasan yang sangat narsis).
Sediiii .. hhhh ... merasa bodoh ... ceroboh ....
Saat terjadi kesalahan atau setelah baca ulang buku yang sudah terbit, ternyata "Loh, kok kayak gini? Loh, kok ini begini? Yaelah ... slip of eye!" Apalagi kalau ada penulis marah-marah, protes, entah karena covernya kurang sreg, fontnya kurang besar, kebesaran, terlalu renggang! Ribet euy! Akhirnya diri ini hanya bisa berkata dalam hati: N I P 'Nobody is Perfect' laaahhh! Bukan begitu?
Nah ujung-ujungnya selalu ingat kalimat paling populer tentang editor:

"EDITOR adalah orang pertama yang diingat saat terjadi KESALAHAN, sebaliknya orang yang terakhir diingat saat buku mengalami KESUKSESAN!"
Oh ....

*tapi orang pertama yang dapat duitnya* 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan menyapa