Selasa, 20 November 2018

Ini 5 Alasan Saya Menulis Blog



Blog sudah menjadi semacam lifestyle di era sosmed. Banyak alasan orang memiliki blog. Bahkan mereka yang merasa tak bisa menulis pun selalu memiliki alasan untuk ngeblog. Meskipun setelah register, blog hanya berisi satu atau dua postingan. Lalu berhenti hingga lupa password  juga email. Ketika alasan ngeblog 'muncul' lagi, terpaksalah membuat akun blog baru. Weeww.

Kalau begitu, alasan apa yang membuat saya menulis blog? 

 1. Tren


Alasan paling awal mengapa saya ngeblog adalah karena tren. Sebagaimana Facebook dan sosial media lain yang saya punya, niat awal membuat akun memang karena jenis sosial media sedang ramai dibicarakan. Saya tipe orang yang serba ingin tahu dan ingin mencoba. Apalagi di rumah ada jaringan internet yang lumayan murah dan lancar, sehingga mengikuti tren sosial media menjadi mudah.

2. Diary


Alasan kedua adalah sebagai pengganti buku diary yang lebih 'modern'. Menulis cerita sehari-hari adalah hobi saya sejak kecil. Tentu saja catatan harian itu dituang dalam buku-buku diary yang lucu-lucu. Setelah mengenal blog dan membaca beberapa blog orang lain, kepikiran untuk menuangkan catatan harian dalam blog. Blog pertama yang saya miliki seingat saya memakai judul 'tafakkur'. Sayangnya, saya sudah lupa email dan password untuk masuk blog tersebut.

3. Berbagi Inspirasi


Yaah, setelah dipikir-pikir, mengapa tidak diniatkan untuk berbagi cerita pada yang lain? Siapa tahu ada yang terinspirasi, termotivasi, setelah membaca cerita saya? Inilah alasan ketiga saya untuk ngeblog. Setiap orang pasti memiliki kisah kehidupan dalam hal pekerjaan, di rumah, di jalan, masalah keuangan, keluarga, dan lain-lain yang berbeda-beda. Sebagaimana saya juga sering terinspirasi dan termotivasi setelah membaca kisah seseorang, siapa tahu orang lain pun terinspirasi dari tulisan kita?

4. Tempat promo


Alasan keempat ngeblog adalah sebagai tempat promo buku-buku yang sudah saya edit. Waktu itu saya memang bekerja di sebuah penerbitan. Untuk mensupport perusahaan tempat saya bekerja maka saya ikut mempromosikan buku-buku mereka di dalam blog. Termasuk bagaimana proses penyuntingan suatu buku.

5. Penghasilan Tambahan


Setelah beberapa lama memiliki blog, akhirnya tibalah pada suatu masa untuk memberanikan diri mengikuti berbagai lomba di blog. Dari mulai menulis kisah hidup, review buku, review produk, hingga menulis cerita fiksi.
Alhamdulillah saya berhasil memenangkan beberapa lomba blog dengan hadiah yang lumayan, meskipun belum menyabet juara pertama.
Selain lomba blog, saya juga mulai memonetisasi blog saya. Meskipun, belum bisa panen mengingat cara saya mengelola blog pun masih suka-suka, seadanya, dan gratisan.

Demikianlah 5 alasan saya menulis blog. Alasan yang kembali "hidup" setelah blog ini berhibernasi beberapa abad 😅
Semoga dengan mengikuti tantangan dari Blogger Perempuan Networking ini, saya bisa kembali konsisten mengurus blog kesayangan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan menyapa